Internet Corporation for Assigned Names and Numbers atau yang biasa disingkat dengan ICANN kembali mengeluarkan nama domain yang terbilang cukup unik. Tepatnya ada seratus nama domain yang secara resmi dipublikasikan melalui situs resmi mereka.

Kenapa unik ? Karena domain-domainnya mengandung kata yang tidak lazim dipakai untuk alamat situs selama ini, seperti .ric, .bike, .clothing, .guru, .camera, .pink, .guitars, .coffer, .sexy, .tatto, .dance dan lain sebagainya. Bahkan ada juga domain yang memakai bahasa arab seperti شبكة (xn--ngbc5azd) yang berarti web atau network. Selain bahasa arab, ada juga dua bahasa dari Rusia dan satu lagi berbahasa China.

Peluncuran domain-domain ini memang sudah dirancang sejak tahun 2013 yang lalu dengan dibukanya program baru yang berfungsi mengatur nama domain tingkat pertama yang bersifat umum atau yang biasa disebut dengan gTLD (Generic Top Level Domain).

Dengan adanya domain-domain gTLD ini, sudah banyak perusahaan besar di dunia yang mulai bergerak mendaftarkan diri mereka. Tidak hanya perusahaan registrar baru saja, tapi banyak juga perusahaan registrar yang sudah mapan turut mengambil kesempatan ini.

Selain itu, perusahaan besar seperti Google, Microsoft serta Apple ramai-ramai mengincar domain yang bernama .anything (dot anything). Untuk Google membidik nama domain .google, .android, .youtube, dan .tech. Sedangkan Microsoft ingin memiliki domain .bing, .skype, .docs. Berbeda dengan ke dua perusahaan besar tersebut, Apple justru hanya ingin mengambil satu domain saja, yaitu apple.

Diprediksi nantinya akan ada sekitar 1.400 nama gTLD baru secara bertahap. Ini bsia dijadikan alternatif nama domain selainmenggunakan 22 nama domain gTLD yang sudah ada sebelumnya, seperti .com, .net, .org dan lain sebagainya yang selama ini sudah akrab bagi pengguna internet. Banyaknya domain yang akan tersedia tentu akan membuat berbagai pihak bisa memilih berbagai varian domain sesuka mereka.

Perlu diketahui juga, meski baru dipublikasikan, ICANN sudah menerima hampir 2.000 aplikasi dari berbagai registrar yang ingin memperoleh gTLD baru. Alhasil persaingan sudah dimulai meski berita ini terbilang masih baru dan masih jarang orang mengetahui akan hal ini.