Sony sebagai salah satu produsen smartphone berbasis android dengan seri Xperia yang cukup tenar dipasaran dikabarkan siap meluncurkan Smartphone berbasis Windows phone yang akan mengisi jajaran koleksi Sony seri Vaio. Seri Vaio sendiri merupakan seri yang digunakan oleh Sony untuk produksi laptop bersistem operasi Microsoft Windows miliknya.

Smartphone windows phone Vaio milik Sony akan dilengkapi dengan opsi ‘kustomisasi’. Selain itu, akan terdapat beberapa fitur lain yang disiapkan Sony untuk Smartphone dengan OS Windows tersebut.

Microsoft sendiri tengah berkerja keras untuk memperluas jaringan sistem operasi besutannya pada vendor-vendor smartphone di Asia. Beberapa vendor yang berhasil mereka ajak bekerja sama yaitu Samsung, HTC, Nokia dan lain –lain. Salah satu strategi dengan melakukan pemotongan harga lisensi OS windows phone pada perusahaan produsen smartphone yang mereka tawarkan.

Pembicaraan antara Sony dan Microsoft sampai saat ini masih berlangsung. Meskipun proses akuisisi Nokia telah diumumkan, tetap saja belum ada kata sepakat antara dua pihak. Kemungkinan dibatalkan nya proyek ini bisa saja terjadi jika kedua pihak yaitu Microsoft dan Sony tidak sepakat dalam beberapa hal seperti biaya lisensi, software terpasang dan lainnya.

Keberadaan smartphone windows phone dari Sony tersebut memunculkan berbagai spekulasi. Diantaranya adalah mengenai langkah Sony yang kemungkinan tengah mempertimbangkan untuk memproduksi windows phone pada smartphone miliknya. Ada kemungkinan Sony akan memperoleh insentif yang cukup besar dari Microsoft jika mereka memproduksi smartphone dengan sistem operasi windows phone.

Akankah Sony memanfaatkan momentum ini untuk mengikuti jejak Nokia menggunakan Windows phone di tengah persaingan platform Android yang kini semakin dipenuhi oleh berbagai perusahaan smartphone di dunia?