Pengguna Kakao Talk di Indonesia mencapai 15 juta pengguna

Satu tahun adalah waktu yang penuh perjuangan bagi Kakao Talk untuk menggaet pengguna di Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, awal hadirnya di Indonesia KakaoTalk secara gelamor memakai artis-artis ternama dalam negeri, bahkan mereka juga turut mendapuk grup K-POP kenamaan yang sedang digandrungi banyak kalangan muda di iklan mereka.

Alhasil, dengan memakai strategi inilah mereka sukses menarik perhatian para pecinta chatting di Indonesia. Selain tak-tik iklan yang jitu, KakaoTalk memang sudah memiliki banyak fitur-fitur unggulan untuk memuaskan penggunanya. Bisa dibilang, dalam urusan fitur KakaoTalk telah melampaui aplikasi chatting lain seperti WhatsApp, BBM dan lain sebagainya.

Di tahun pertama ini, mereka mengutarakan telah mempunya kurang lebih 15 juta pengguna aktif di Indonesia. Sebuah prestasi yang cukup membanggakan di tengah persaingan ketat antar aplikasi chatting di smartphone. Dari jumlah tersebut, KakaoTalk mengungkapkan bahwa sebagian besar dari penggunanya berasal dari handset iPhone. Apalagi akhir-akhir ini pemakaian KakaoTalk di iOS melonjak tajam hingga mencapai 320 persen.

Jika dianalisa secara detail, faktor penunjang KakaoTalk laris di Indonesia cukup banyak. Selain strategi iklan yang tepat dan fitur-fitur unggulan yang diperoleh pengguna seperti yang dijelaskan di atas. Mereka juga menggunakan bentuk promosi dengan cara pemberian voucher gratis ke berbagai restoran cepat saji, bahkan voucher untuk nonton ke bioskop tidak mereka tinggalkan.

Meskipun aplikasi mobile chat ini mempunya jumlah pengguna yang kian hari kian banyak dan relatif stabil, KakaoTalk tidak memiliki pemasukan yang signifikan. Hal ini dipengaruhi oleh tidak jelasnya sistem profit yang ada di Kakao Inc. Yang paling parah adalah perusahaan ini ternyata hanya mendapatkan bagian 2 persen dari total pemasukan yang didapat dari aplikasi KakaoTalk.

Dengan demikian, KakaoTalk masih terlalu kecil untuk menyaingi aplikasi chatting lainnya. Namun ini tidak akan menjadi masalah besar karena dari berbagai riset yang dilakukan oleh beberapa pihak, KakaoTalk akan sukses mendapat pengguna yang semakin banyak yang akan menambah besaran pemasukan mereka. Apalagi saat ini KakaoTalk sudah bisa diinstal di berbagai sistem operasi, seperti Android, iOS (iPhone, iPod Touch, iPad), BlackBerry dan Bada OS.