Faktatekno.com – Varian terbaru dari smartphone besutan Google, yaitu Nexus kini hadir dari hasil kerjasama dengan produsen elektronik asal Korea, LG Mobile. Nexus generasi 5 merupakan smartphone pertama dengan sistem operasi bawaan menggunakan Android Kitkat. Berikut ini ulasan, review dan spesifikasi LG Nexus 5.

Desain dan bodi dari ponsel Android ini memang cukup sederhana sama seperti ponsel lainnya tapi itu baru dari segi tampilan luarnya aja. Meski desain dan bodinya sederhana tidak membuatnya terlihat seperti ponsel kelas bawah karena finishingnya yang bagus dan di atas rata – rata. Nexus 5 ini juga lebih simpel dari nexus 4 dan lebih terlihat tegas dengan bagian samping yang lebih rata.

Nexus 5 menampilkan port sambungan standar seperti kebiasaan peranti ponsel lain. Pada bagian atas menempatkan lubang earphone 3.5 mm dan itu akan menajdi lokasi paling strategis untuk kedudukan lubang ini.Peranti ini tidak didatangkan dengan port HDMI tetapi melalui port microUSB yang terdapat pada peranti untuk sambungan slimPort.

Dikutip dari Ubergizmo (31/10), Nexus 5 ini sudah dilengkapi dengan layar 5 inci beresolusi 1.920 x 1.080 pixels dengan kepadatan pixel 445 ppi dan telah terlindungi dengan kaca Gorilla Glass generasi ketiga , prosesor Quad-Core 2,26 GHz SnapDragon 800, RAM 2 GB dan memori internal 16/23 GB.

Untuk kameranya sendiri ponsel Nexus 5 ini sudah dilengkapi dengan kamera depan 1,3 MegaPixels dan kamera utama 8 MegaPixels. Kamera utama telah didukung dengan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) dan fitur terbaru dari Google yang bernama HDR+ yang berfungsi untuk mengurangi blur dan membantu saat pengguna mengambil foto pada siang hari.

Nexus 5 menjadi smartphone pertama yang menggunakan Android 4.4 kitkat sebagai sistem operasinya ini akan mulai dijual melalui Google Play Store untuk beberapa kawasan Amerika, Eropa dan Asia.

Android kitkat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Android versi sebelumnya ( 4.2 dan 4.3) namun Android yang ini jauh lebih cantik tampilannya. Efek feedback saat pengguna menyentuh layar adalah adanya getaran yang sangat halus dan hal tersebut tidak mengurangi performa ponsel ini secara keseluruhan.