Beberapa waktu yang lalu gencar berita yang datang dari perusahaan prosesor ternama dunia yaitu INTEL, yang akan memproduksi prosesor baru dengan nama Haswell- E (8-Core). Kabar yang sebelumnya belum ada kepastian tersebut kini sudah dapat dipastikan dan sepertinya prosesor yang terbilang “WOW” ini akan rilis di awal tahun 2014.

Informasi tambahan, saat ini prosesor PC desktop Intel paling banyak memiliki 6 inti pemroses data (12 thread). Menurut kabar, prosesor Haswell-E ini akan menawarkan versi 6 dan 8 inti, dengan jumlah cache level 3 yang mencapai 20Mb. Kebutuhan power 140W ketika bekerja penuh, tetapi lebih hemat bila dibandingkan dengan prosesor sebelumnya yaitu Core i7 3970x yang dirilis 2 tahun yang lalu dengan kebutuhan power 150W.

Spesifikasi dari prosesor Haswell-E ini adalah memiliki TDP di angka 130-140 watt, dukungan memori 4 channel DDR4 dengan clock maksimal 2.133 MHz yang disandingkan dengan Hyper-Threading, Turbo Boost 2.0 dan PCI Express 3.0, dan proses fabrikasi 22 nm. Prosesor 8 core ini akan dipasangkan dengan chipset soket LGA 2011. Soket LGA 2011 dipilih karena mendukung interface dengan kecepatan tinggi. Selain itu juga spesifikasi prosesor ini juga ditunjang dengan port SATA tiga hingga sepuluh buah.

Prosesor ini juga disebut sebagai penerus dari prosesor family Ivy Bridge-E ini diperkirakan akan di jual dengan harga 1.000 USD atau sekitar 12 juta rupiah.

Sebagai informasi tambahan “E” pada Haswell- E tersebut menunjukkan statusnya sebagai CPU desktop paling atas dari semua prosuk Intel ( Extream Edition).