Playstation 4 Indonesia

Pada tanggal 9 januari 2014 kemarin Playstasion 4 (PS4) resmi rilis dan dipasarkan di Indonesia. Sebelum masuk ke pasar Indonesia, PS4 telah masuk di beberapa negara Asia Tenggara seperti Singapura dan Malaysia pada bulan Desember tahun lalu.

Playstation 4 dijual dengan harga yang mahal di Indonesia yakni sekitar Rp 7 juta. Angka jual tersebut ternyata cukup jauh lebih mahal dari penjualan di negara lain. Di Amerika Serikat misalnya PS4 hanya di jual seharga 399 dollar AS atau sekitar Rp 5 juta.

Apa sebenarnya penyebab perbedaan harga jual PS4 di Indonesia dan Amerika?

Ternyata karena beban pada pajak yang membuat produk PS4 ini di jual mahal di Indonesia dan beberapa biaya lainnya. “Kami terpaksa menaikkan harga jualnya jadi lebih tinggi di indonesia,” jelas Brand Activation Management Division Head PT Sony Indonesia Hiroshi Sakai, ketika ditemui di acara peluncuran PS4 yang berlangsung di Jakarta kemarin.

Produk Marketing and Game Bussiness Sony Indonesia Astrid Ramadhina mengatakan bahwa biaya terkait impor PS4 merupakan salah satu penyebab dibalik tingginya harga mesin game tersebut. Masalah harga PS4 yang mahal ini sempat ramai dibicarakan di Brazil. Di Brasil PS4 di jual dengan kisaran harga 1.800 dollar AS atau hampir Rp 23 juta. Pihak Sony menyalahkan pajak negara tersebut sebagai sumber masalah utama kenaikan harga PS4.

Paket Bundling Playstation 4

Sony tidak hanya menyediakan PS4 namun juga menyediakan paket Bundling bersama PS Camera yang di patok menjadi Rp 7.399.000 yang sudah termasuk biaya keanggotaan di Playstation Plus selama 1 bulan.

Sony juga menyediakan paket Bundling PS4 dengan game Battlefield 4 dan killzone. Shadow fall dengan harga yang bervariasi. Selain kedua game tersebut PT Sony Indonesia juga akan menyediakan 30 judul game yang bisa dibeli secara terpisah untuk meringankan biaya pengeluaran pembelian.

Sony memberikan garansi regional untuk PS4 di 6 negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.