Setelah sebelumnya santer terdengar bahwa pihak nokia menghentikan pengembangan smartphone android buatannya yaitu Nokia Normandy, kini dikabarkan bahwa Nokia mebatalkan rencana pemberhentian pengembangan Ponsel pintar tersebut.

Sejak beberapa waktu lalu pegumuman akuisisi divisi handset miliknya oleh Microsoft, rumor mengenai “Normandy” atau yang disebut sebagai ponsel pintar android pertama Nokia mulai banyak dibicarakan di dunia maya.

Nokia Normandy ini menggunakan kustomisasi interface yang mirip dengan sistem operasi Askha yang juga buatan Nokia. Normandy tidak dibekali banyak tombol pada bagian depan, hanya ada tombol Home atau Back di bawah layar. Bentuk fisik Nokia Normandy mirip dengan desain Nokia Asha terbaru yaitu Asha 500, 501, 502 dan 503.

Menurut informasi dari beberapa situs teknologi, ponsel pintar Nokia satu ini tidak menggunakan versi Android milik Google sepenuhnya, tetapi nampaknya pihak Nokia menggunakan Android yang telah mereka modifikasi yang mungkin akan menjadi salah satu ciri khas tersendiri dari produk Nokia yang satu ini dengan produk ponsel Android lainnya.

Tujuan pihak Nokia memodifikasi Android pada ponselnya untuk menyesuaikan sepenuhnya penggunaan sistem operasi di perangkat Nokia. Ponsel Normandy sendiri memiliki keunikan yaitu dari segi warna, pihak Nokia menyediakan ponsel ini dengan berbagai macam warna.

Untuk masalah spesifikasinya ada sedikit bocoran yaitu perangkat ponsel pintar ini diperkuat dengan prosesor SnapDragon 200, serta kamera 5 megapixel. Layarnya Normandy berukuran 4 inci dengan resolusi 854 x 480. Ponsel ini juga memiliki dukungan dual-SIM card, aplikasi Skype dan layanan notifikasi lainnya.

Nah, meski berita tersebut sangat ramai dibicarakan di dunia maya, belum dapat dipastikann kapan pihak Nokia berencana memasarkan produknya ini. Analisa mengatakan, jangan mudah percaya dengan adanya foto di dunia maya, mungkin saja pihak Nokia hanya menciptakan sebuah prototype untuk sekedar uji coba.