Berbeda dari sebelumnya kali ini Gmail memberikan layanan kemudahan bagi kita untuk mengirim pesan kepada orang lain terutama ke akun Gmail yang belum mereka kenal. Google memberikan kemudahan mencari alamat email yang sudah terdaftar dan secara langsung menampilkan daftar yang sesuai begitu pengirim mengetik huruf tertentu.

Fitur baru dari Gmail ini hanya mencakup orang-orang yang sudah mendaftar ke Gmail dan jejaring sosial Google+.

Namun, perubahan tampilan ini sedikit memberi kekhawatiran di antara pengguna karena beberapa pendukung privasi yang mengatakan seseorang bisa dihubungi oleh orang asing.

Juru kampanye mengenai masalah privasi, Marc Rotenberg dari Electronic Privacy Information Center mengatakan bahwa fitur baru ini menganggu dan sempat membandingkannya dengan kasus cacat privasi produk Google sebelumnya.

Pembaruan fitur ini telah di umumkan di dalam blog resmi Gmail oleh manajer produk, David Nachum.

Pengguna Gmail akan memiliki pilihan untuk menonaktifkan fitur baru tersebut jika tidak menginginkannya dan dapat memilih hanya mengizinkan orang – orang yang mereka bisa hubungi. Bagaimanapun juga pengaturan default fitur ini memungkinkn setiap orang yang berada dalam jaringan Google dapat saling berhubungan tanpa persetujuan terlebih dahulu.

Fitur baru ini merupakan usaha dari Google untuk mendekatkan layanan email dan jejaring sosial Google+ dan pengguna yang telah mendaftar Gmail akan secara otomatis diberikan akun Google+ tanpa perlu repot mendaftar, kecuali jika pengguna memilih untuk tidak mengaktifkannya.

Bagaimana pendapat anda mengenai fitur baru Google khusunya Gmail tersebut? apakah bermanfaat ataukah justru memberikan kerugian bagi kita sebagai pengguna. Hal ini tak lepas dari kebutuhan masing-masing pengguna jika memang akun Gmail yang anda miliki memang untuk hal-hal privasi atau bahkan hanya sekedar untuk membuat atau mendaftar akun jejaring sosial lain yang biasanya membutuhkan akun email.