Faktatekno.com – Tiga Negara di Asia Timur yaitu Korea Selatan, Jepang dan China akan segera menerapkan teknologi tercanggih terbaru di era digital saat ini. Tiga negara itu akan menerapkan teknologi 5G pada tahun 2020 mendatang.Padahal layanan 4G yang sudah ada sebelumnya itu belum dapat diterapkan secara menyeluruh ke penjuru dunia namun Jepang, Korsel dan China sudah menjadi negara pendahulu yang akan menjajal teknologi 5G ini. Di Indonesia sendiri kita dapat menikmati teknologi 4G hanya di Jakarta dengan layanan yang disediakan oleh Internux.

Bahkan teknologi 4G yang ada di Jakarta dengan bantuan Internux itu juga belum mampu bekerja dengan maksimal. Jaringannya masih lelet dan tidak nyaman jika digunakan, apalagi jika dibandingkan dengan teknologi 4G yang diterapkan di Korsel, Jepang dan China. Jarak kualitas yang ada terlalu jauh.

Bolt sendiri melakukan pagelaran layanan 4G itu di wilayah Jabodetabek dengan menggunakan teknologi TD LTE pada frekuensi di 2,3 GHz. Layanan yang disediakan itu pun saat ini masih dirasa kurang memuaskan karena masih adanya keterbatasan BTS yang menjadikan kemampuan Bold bekerja tidak maksimal.

Penerapan teknologi 4G di Indonesia pun akan sangat sulit untuk saat ini. Hal itu sangat berbeda dengan tiga negara maju tersebut. Mereka sudah siap menggunakan, menikmati dan mengembangkan teknologi 5G yang kini sudah mereka teliti terus menerus.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan teknologi 5G inipun tidak sedikit. Tercatat Korea Selatan melakukan pengeluaran sebesar 1,5 miliar dollar Amerika atau jika di kurs kan ke Rupiah setera dengan 18,3 miliar rupiah.