Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan Windows ini adalah salah satu sistem operasi paling banyak digunakan saat ini. Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft.
Karena perkembangan Windows saat ini tidak membuat kemungkinan terjadinya sistem yang eror tidak muncul lagi. Pengguna Windows, dari XP, Windows 7, sampai Windows 8 pun pastinya pernah mengalami not responding.
Dan yang sering terjadi not responding adalah pada Windows XP dan juga Windows 7. Programs not responding pada windows biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti, hardisk penuh, program yang dibuka terlalu banyak, adanya virus yang membuat memori penuh, spesifikasi laptop yang tidak bagus dan masih banyak lagi.
Berikut ini adalah tips mudah untuk mengatasi programs not responding pada Windows 7 ataupun Windows XP di komputer ataupun laptop anda yang bisa anda lakukan dengan mudah :
  1. Buka Task Manager dengan cara tekan tombol Alt, Ctrl, Del secara bersama pada keyboard laptop ataupun komputer anda.
  2. Setelah Task Manager terbukan, pilih Applications yang ada di atas layar
  3. Setelah itu akan tambil beberapa program yang anda jalankan. Pilih program yang not responding.
  4. Jika ada beberapa program yang mengalami not responding, anda bisa memakai kombinasi ctrl untuk menandai program yang not responding.
  5. Kemudian klik End Task yang ada di bagian bawah layar
  6. Setelah End Task dilakukan dan program masih terbuka maka biasanya aka nada pesan jika program tidak memberikan respon, jika begitu langsung saja klik End Now.
  7. Jika masalah belum bisa teratasi anda bisa langsung merestart komputer atau laptop anda dan masalah not responding akan segera pergi.
Itulah beberapa tips cara untuk mengatasi program yang mengalami not responding pada Windows 7 dan juga Windows XP. Semoga saja bisa membantu mengatasi masalah anda dan membuat kondisi perangkat anda menjadi stabil. Semoga bermanfaat dan berguna untuk anda.