FaktaTekno.com – Produsen elektronik asal Korea, LG Mobile kini memulai kolaborasi baru dengan Google. Setelah bekerja sama untuk produk Nexus, LG dan Google menghadirkan jam pintar berotak android yang diberi nama G Watch. 

Sebagai pendatang baru di pasar wearable device yang sudah lebih dulu diisi sejumlah pemain besar seperti Samsung, pihak LG mengaku tak khawatir dan akan berkomitmen untuk berinovasi berdasarkan kebergunaan.

“Yang penting adalah bagaimana cara kita mengirimkan inovasi yang berguna ke konsumen. Kami percaya bahwa wearable device mesti berguna buat pemakainya,” – Chorung Cho, Kepala LG Mobile Communications Indonesia.

G Watch memiliki 2 fitur utama: perintah dan notifikasi. Kesan sederhana dengan sedikit ornamen tampak pada smartwatch LG ini, pasalnya G Watch memiliki tombol yang sedikit karena untuk menggunakannya hanya dengan berbicara langsung ke G Watch.

G Watch memiliki spesifikasi display sebesar 1.65-inch (280 x 280) yang dilengkapi dengan Gorila Glass 3 dan di konstruksi dengan stainless steel. Sementara untuk bagian belakang dilapisi dengan polycarbonate sehingga dapat meredam proses pengisian baterai secara wireless. Strap jam tangan dapat diganti karena berukuran 22mm, sedangkan untuk wiristband menggunakan bahan dari silicon yang sangat nyaman digunakan.

Pada prosesor G Watch menggunakan 1.2Ghz Snapdragon 400, yaitu prosesor yang sama digunakan oleh Galaxy S4 mini menjadi bukti keseriusan LG untuk proyek watch android pertamanya ini.  G Watch dilengkapi dengan RAM 512 MB dan media penyimpanan internal sebesar 4 GB.

Untuk baterainya, G Watch dilengkapi dengan baterai berkapasitas 400 mAh yang diklaim dapat bertahan selama 36 jam dalam kondisi layar yang menyala dan akan bertahan lebih lama saat dalam kondisi layar mati. LG Menyediakan aplikasi tambahan yang dapat di-download kedalam device yang akan memberikan beberapa tambahan konfigurasi.

G Watch Masuk Indonesia?

Tentunya menjadi sebuah pertanyaan, “apa G Watch akan masuk Indonesia?” atau “kapan G Watch masuk Indonesia?”. Dalam kesempatan peluncuran smartphone LG G3 di Jakarta, Rabu (18/6/2014), LG turut memberikan informasi terkait kehadiran G Watch di Indonesia.

“Ya, akan datang ke Indonesia, kecuali dilarang,” jawab Head of Product Marketing Mobile Communication Division PT. LG Electronics Indonesia, Adinda Nesvia 

Adinda sendiri belum bisa memastikan kapan persisnya G Watch bakal mendatangi pasar Tanah Air. “Mungkin sekitar kuartal ketiga tahun ini. Prosesnya masih belum selesai,” katanya. “Kami sedang siapkan. Semoga bisa ke Indonesia.”

Berapa Harga G Watch LG?

Untuk harga pre-order, jam tangan pintar android besutan LG ini dihargai $229 dan terdiri dari dua pilihan warna yaitu hitam atau putih. Pre-order G Watch belum tersedia untuk pasar Indonesia dan dapat dipastikan jika nantinya G Watch sudah resmi masuk pasar lokal, harga jual nya akan lebih mahal dibanding harga pre-order.