Secara default iPhone tidak bisa dihubungkan dengan komputer bahkan ke komputer Max (produk Apple) sekalipun, ini sangat berbeda dengan iPod yang adalah satu-satunya perangkat mobile dari Apple yang memiliki fitur USB yang dapat terhubung ke komputer apapun juga.
Namun, untuk anda para pengguna iPhone jangan kecewa dulu, karena kami memiliki cara agar ponsel anda bisa dengan mudah terhubung di komputer. Dengan aplikasi menghubungkan iphone ke komputer ini anda bisa menyalin data atau memindahkan data dari atau ke iPhone.

Caranya adalah dengan memanfaatkan salah satu dari dua aplikasi di bawah ini :

1. iTools (Windows/Mac)
Aplikasi ini selain dapat bekerja untuk mengganti program iTunes juga menawarkan fitur hard disk eksternal, jadi dapat membantu anda untuk mengidentifikasi perangkat iPhone ataupun iPad sebagai hard disk eksternal dan membuat anda dengan mudah menyalin file.

Ketika aplikasi ini dijalankan, maka program akan menampilkan pernagkat iPhone sebagai media penyimpanan seperti label Removable hard disk di Explorer komputer. Nah, dari situlah anda bisa melakukan berbagai keperluan anda.

 2. iPhoneXDrive (Windows)
Aplikasi selanjutnya adalah iPhone XDrive namun aplikasi ini dibuat khusus untuk komputer Windows. Sama halnya dengan iTools, iPhone XDrive juga dapat mengidentifikasi perangkat iPhone sebagai hard disk eksternal. Aplikasi ini lebih kaya karena dapat mendukung lebih banyak jenis file seperti zip, rar, pdf, ai, psd, doc,txt, aps, xml, ppt, avi, jpg, exe, xlsx, docx dan juga png.

Untuk emnggunakan kedua aplikasi di atas, anda harus terlebih dahulu menginstallnya pada komputer yang akan anda gunakan baik untuk mengambil data ataupun komputer lainnya yang mendapatkan salinan data dari iPhone.

***

Bagaimana? Tidak sulit bukan melakukan hal ini? Anda tak pelru kebingungan lagi saat akan menyalin data dari iPhone ke Komputer / Laptop atau dari Komputer ke iPhone. Karena dengan memilih salah satu diatara dua aplikasi di atas maka akan sangat membantu anda.

Demikian tentang cara mudah mengubungkan iPhone ke komputer dengan iTools dan iPhone XDrive. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menghubungkan iPhone ke komputer maupun ke laptop.
Selamat mencoba.