Kekuatan dan ketahanan sebuah perangkat adalah salah satu hal yang penting untuk setiap orang sebelum mereka memutuskan untuk membelinya. Baik smartphone ataupun tablet. Jika faktor ini adalah hal yang paling menentukan, mungkin anda akan berpikir dua kali untuk membeli perangkat besutan Apple, setelah adanya laporan terbaru dari SquareTrede Europe dengan hasil riset yang memperlihatkan jika perangkat dari Apple, iPad Mini lebih mudah rusak jika dibandingkan dengan merek lainnya.
ipad mini

iPad Mini

Seperti yang dikutip dari Theregister pada senin (10/2/2014) yang menyebutkan adanya beberapa tes yang harus dilakukan oleh SquareTrede Europe yang melibatkan beberapa perangkat yang dianggap mumpuni seperti Apple iPad Mini, Samsung Galaxy S3 dan S4, Tab 3, Iphone 5c dan 5s, Nexus 7 dan juga Motorola Moto X.

 

Perangkat yang dijadikan objek penelitian tersebut diperlakukan sama, seperti dijatuhkan dari ketinggian tertentu dan juga direndam dalam sebuah air. Beberapa tes ekstrim dilakukan pada perangkat-perangkat tersebut dan setelah itu hasilnya akan dilihat dan akan diurutkan berdasarkan peringkat, mana perangkat yang paling rikih, mudah rusak dan mana yang memiliki performa bagus dengan ketahanannya. Apple iPad Mini ada di posisi paling atas dengan poin 7,5.

Kemudian disusul Samsung Galaxy S4 yang ada diposisi berikutnya dengan skor 7, iPad Air dengan poin 6,5, Samsung Galaxy S3 yang ada di posisi keempat dan terakhir ditempati oleh iPhone 5C yang ada di posisi paling muncit, menggenapi 5 perangkat yang paling mudah rusak.

Uji coba ini, bukan kali pertama di lakukan oleh SquareTrede Europe, sebelumnya SquareTrede Europe juga melakukan pengujian secara ekstrim, tepatnya pada tahun lalu, mereka mengadu beberapa perangkat dengan caranya yang tergolong tak biasa dan ekstrim.

Dengan adanya uji coba yang dilakukan oleh SquareTrede Europe yang menggunakan cara-acara ekstrim membuktikan bahwa kekuatan iPad Mini lebih rikih dibanding Nexus dan Samsung Galaxy S4.

Semoga ini bisa menjadi pertimbangan anda saat akan membeli perangkat, kualitas dan ketahanan harus diutamakan.