Microsoft memang sudah sangat populer dan memiliki nama besar dengan pembuatan sistem operasi untuk komputernya melalui berbagai macam produk Windows ciptaannya. Tetapi, pada platfrom mobile perusahaan ini bisa dibilang masih sangat baru dan baru memulai permainan di pangsa pasar yang relatif rendah.

Microsoft mulai mencoba masuk ke pangsa pasar mobile dengan mengusung platform windows Phone.

Namun, walaupun begitu Windows Phone telah dinobatkan sebagari platform yang memiliki pertumbuhan tahunan yang paling besar. Sistem operasi mobile yang bergaya Metro ini kabarnya telah digunakan ke lebih dari 33,4 juta handset pada sepanjang tahun 2013 lalu.

Dari laporan yang didapat dari international Data Corporation (IDC), jumlah penggunaannya teklah mengalami peningkatan 90,9 persen dari tahun 2012 lalu yang hanya mencapai 17,5 juta saja.
Angka pertumbuhan tersebut kabarnya adalah angka paling tinggi jika dibandingkan dengan platform mobil lainnya. Android hanya mempunyai pertumbuhan 58,7 persen, ios memiliki 12,9 persen dari tahun lalu.

Namun meskipun begitu Android dan juga ios masih berada di posisi puncak jika dilihat dari segi pangsa pasar smartphone dunia. 78,6 persen di miliki oleh Android, ios dengan 15,2 persen dan Windows phone hanya mendapatkan 3,3 persen saja.

Namun, windows phone bukanlah platform paling terakhir yang mendapatkan nomor buncit, masih ada platform BlackBerry yang menjadi platform paling mengenaskan di tahun 2013 lalu. Pengapalan handset yang menggunakan sistem operasi blackberry ini menurun hingga 40,9 persen menjadikan pangsa pasarnya melorot dari 4,5 persen pada tahun 2012 menjadi 1,9 persen di tahun 2013 lalu.

Windows phone berkembang cukup bagus dan banyak diminati para pengguna di negera berkembang semisal Vietnam dan Brazil, windows Phone dapat mengalahkan ios dengan mendapatkan pasar masing-masing 6 persen dan 4,7 persen.

Dan ditemukan pada laporan yang sama sebelumnya IDC telah mengungkapkan ada sekitar 1 milyar ponsel yang dikapalkan pada sepanjang 2013 lalu. Dan smartphone mengalami lampau pengapalan ponsel fitur (feature phone) pada tahun lalu.