Perkembangan teknologi pada bidang gadget saat ini memang sangat pesat, hal ini juga membuat para developer harus bekerja ekstra keras untuk menghasilkan inovasi terbaru, apalagi dalam bidang aplikasi yang berbasis open source seperti Android.

Android memang dikenal dengan aplikasinya yang sangat banyak, tapi di satu sisi Android juga dikenal sangat lambat ketika Memori Internalnya mulai penuh. Karena hal itu biasa dilakukan rooting software untuk meningkatkan kinerjanya agar tetap optimal tidak lambat atau ‘lemot’. Tapi anda juga bisa mengoptimalkan Android tanpa melalukan Rooting Software, berikut beberapa tipsnya :

Matikan Live Wallpaper
Display ada pada pada tampilan layar utamanya merupakan sektor yang paling penting untuk mempercepat kinerja androidnya. Anda bisa mengurangi penggunaan Live Wallpaper dan animasi layar yang bisa diatur pada pengaturan display.

Minimalkan penggunaan aplikasi
Anda bisa meminimalkan penggunaan aplikasi yang tidak begitu penting. Di Googble Play Store ada banyak sekali aplikasi yang bisa di unduh pada perangkat Android. Tapi aplikasi yang terinstall pada ROM mempunyai space terbatas. Uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting agar Android anda bisa lancar.

Matikan Koneksi Data dan juga Sinkronasi Android
Matikan koneksi data ketika tidak diperlukan. Karena pasti anda juga tahu jika koneksi data yang menggunakan kecepatan tinggi bisa lebih cepat menghabiskan daya baterai dan juga membuat kinerja Android semakin lemot. Untuk mengatasinya, anda bisa menginstall aplikasi yang bisa mengontrol konektivitas pemakaian data dan sinkronasi layar belakang.

Pemakaian RAM secukupnya
Untuk mengontrol kapasitas yang ada pada RAM, anda bisa mengintall aplikasi taks killer yang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah memori RAM yang ada.dan pastinya akan bisa membantu dalam meningkatkan kinerja Android anda agar tidak lemot lagi.

Hapus widget yang tidak penting
Dan yang terakhir, anda bisa membersihkan tampilan utama dari widget ataupun ikon-ikon yang tidak begitu penting.gunakan wallpaper saja dan pilih warna wallpaper yang memiliki latar warna cenderung lebih gelap untuk sedikit membantu perangkat anda bisa bekerja lebih cepat.