Indonesia memang sedang dilanda musim hujan yang mengakibatkan banjir di beberapa daerah dan sudah banyak diketahui bahwa perangkat eletronik adalah musuh paling besar dari air. Walaupun sudah banyak ponsel dengan fitur tahan air, namun juga masih banyak sekali ponsel yang tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.
Berikut adalah tips Mengatasi atau mencegah kerusakan pada ponsel yang terendam air :

1. Angkat ponsel dari air dan tekan tombol power off secepatnya

Jika ponsel anda masuk ke dalam air, segera keluarkan dan kemudian tekan tombol off agar tidak ada korsleting, air mempunyai sifat menekan ke segala arah dan mudah meresap kecelah yang sempit sekalipun.

2. Keringkan, Lepas Casing dan Baterai

Setelah itu keringkan ponsel dengan tisu ataupun kain lembut yang dapat menyerap air dengan cepat, kemudian buka casing, lepas baterai, kartu SIM dan kartu memori. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner yang kecil untuk mengeringkan dan menyedot kelembaban di bagian dalam ponsel. Jangan gunakan kipas angin atau hair dryer untuk mengeringkan ponsel. Ini akan membuat kelembaban masuk ke dalam celah ponsel yang mengakibatkan korosi dan oksidasi hingga membuat ponsel rusak.

Jangan buru-buru menyalakan ponsel agar ponsel tidak mengalami korsleting yang diakibatkan oleh sisa air yang masih ada didalamnya.

3. Diamkan di bahan penyerap air

Setelah itu taruh ponsel pada wadah yang kedap udara dengan silica gel. Ini akan memberikan pengeringan secara masksimal. Anda bisa memutar posisi ponsel beberapa kali untuk kelembabannya terserap dengan baik.

Anda juga bisa menggantinya dengan beras untuk menyerap air, walaupun tak sebagus silica gel. Anda bisa menaruh ponsel dalam beras selama satu malam untuk hasil maksimal.

4. Coba nyalakan ponsel

Jika anda merasa ponsel sudah benar-benar kering, pasang baterai dan coba nyalakan. Lihat apakah ponsel menyala dengan baik atau tidak. Jika masih tidak meyala lepaskan baterai dan tancapkan charger. Dan jika masih tidak bisa menyala, kemungkinan ponsel anda rusak. Dan cara terakhir adalah bawa ponsel anda ke service center atau teknisi ponsel yang terpercaya.

Semoga tips dan trik ini bermanfaat..