Semua orang yang memiliki akun Facebook dan twitter tidak ingin akun pribadinya menjadi sasaran hacker, malware ataupun korban phishing yang sudah banyak beredar lewat link atau tautan yang sangat sering terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, berikut adalah 5 cara untuk membuat akun Twitter dan Facebook anda lebih aman dan tidak mudah menjadi serangan hacker :

1. Hati-hati saat menambah/mengijinkan aplikasi
Jangan terlalu sering menambahkan aplikasi pada sosial media anda, tambahkan aplikasi yang sudah berstatus verified. Terdapat banyak sekali aplikasi yang tidak jelas beredar di Internet dan menjadi tempat penyebaran spam, virus dan juga tindakan phishing untuk mencuri data penting anda.

2. Jangan sembarang membuka link
Jangan mudah percaya pada sebuah link atau direct message (DM) yang dikirimkan melalui wall pada facebook dan pada mention Twitter anda. Apalagi jika pesan tersebut berisi link url menuju website lainnya yang tidak begitu jelas. Bisa saja teman yang mengirimkan link tersebuat adalah korban phishing.

3. Jangan mudah percaya rayuan menggiurkan
Pada sebuah link terkadang terdapat beberapa promo yang mengguirkan, contohnya “dengan sekali klik anda akan mendapat ribuan follower baru” atau “sekali klik dapat ratusan link di Facebook. Tapi, tawaran-tawaran inilah yang justru adalah cara paling ampuh yang digunakan pata hacker untuk menanamkan link yang berisi malware ataupun phishing yang bisa menyerang akun sosial media anda.

4. Lebih sering merubah password
Dengan mengubah password secara rutin anda juga bisa melindungi akun media sosial anda dari aksi pembajakan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Untuk anda yang akun sosial medianya sudah diserang oleh aksi phishing dan malware anda wajib mengganti passwordnya.

5. Jangan gunakan satu password untuk semua akun
Jangan sampai menggunakan password yang sama untuk semua akun email dan social media anda.
Jika anda menggunakan password yang seragam untuk semua akun, akan dengan sangat mudahnya si-hacker mencuri akun lainnya.