Salah satu layanan mobile messaging paling populer, WhatsApp telah dibeli oleh Facebook dengan nilai US$19 Miliar (setara dengan 221,9 triliun rupiah). Akuisisi ini menjadi rekor akuisisi terbesar dalam sejarah pembelian yang pernah dilakukan oleh perusahaan IT. Berita ini pun menjadi headline di berbagai media di seluruh dunia.
Rincian bentuk pembayaran Facebook berupa US$4 miliar uang tunai dan US$12 miliar dalam bentuk saham.
Analisis eMarketer, Debra Aho Williamson mengatakan bahwa akuisisi ini merupakan yang terbesar daripada yang pernah dilakukan oleh Microsoft dengan Skype, Google dengan Motorola Mobility, bahkan lebih tinggi dari Apple.
Sebelum ini, pembelian terbesar adalah yang pernah dilakukan Google ketika membeli Motorola Mobility dengan harga US$12,5 miliar. Sedangkan akuisisi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap Skype seharga US$8,5 miliar. Apple masih dibawah itu, dengan akuisisi maksimalnya senilai US$ 1 miliar.
Debra Aho Williamson menganggap bahwa Facebook cukup masuk akal melakukan akuisisi semahal ini. Mengingat usianya yang telah mencapai 10 tahun, Facebook terus ingin meningkatkan jumlah penggunanya, bahkan sampai miliaran pengguna.
Saat ini, total pengguna Facebook seluruh dunia adalah sekitar 1,23 miliar. Jumlah ini didominasi oleh para remaja.
Lalu, apakah selanjutnya kedua layanan ini (Facebook & Whatsapp) akan dijadikan satu? Rupanya Mark Zuckerberg (CEO Facebook) menjelaskan bahwa kedua aplikasi ini akan tetap terpisah. Sama halnya dengan Instagram yang sebelumnya telah mereka akusisi senilai US$715,3 juta.
Menurut Mark Zuckerberg, kerjasama ini merupakan suatu pencapaian luar biasa. WhatsApp punya pengguna aktif yang mencapai lebih dari 450 juta setiap bulan. Jumlah ini mengalahkan Twitter yang hanya punya 214 juta pengguna aktif di akhir tahun 2013.
Mark optimis bahwa akuisisi ini akan menjadi jalan untuk membuka pasar lebih banyak lagi di seluruh dunia. Jan Koum yang merupakan CEO WhatsApp menyatakan pihaknya sangat senang dan merasa terhormat bisa melakukan kerjasama dengan Facebook. Terbukanya pasar yang lebih luas di seluruh dunia akan menguntungkan kedua belah pihak.