Kini ponsel adalah salah satu perangkat yang sangat wajib dimiliki setiap orang sebagai alat komunikasi. Tapi masih ada beberapa pengguna yang hanya ingin menggunakan ponsel saja tanpa mau melakukan perawatan. Taukah anda, jika ada salah satu komponen ponsel yang rusak maka akan mempengaruhi kinerja ponsel.

Nah berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat merusak ponsel anda :

1. Tidak pernah dimatikan.
Mungkin hampir semua orang jarang mematikan ponsel jika sedang tidak dipakai. Padahal sebenarnya jika anda mematikan ponsel secara teratur maka ketahanan baterai ponsel akan terjaga.ponsel pun juga sama seperti manusia yang membutuhkan waktu istirahat agar komponennya tetap terjaga.

2. Membiarkan wi-fi dan bluetooth menyala.
Matikan wi-fi dan bluetooth jika tidak digunakan. Karena ponsel akan terus mencari jaringan yang bisa ditangkap, ini akan membuat baterai ponsel cepat habis. Matikan keduanya agar baterai tidak cepat habis.

3. Digunakan dalam suhu ekstrem.
Ponsel, normalnya digunakan 16 sampai 30 derajat celsius suhu ruangan. Jangan menggunakan ponsel pada suhu ruangan di bawah 10 derajat ataupun di atas 35 derajat celsius. Hindari ponsel terkena sinar matahari terlalu lama agar suhu mesin tidak meningkat.

4. Dibiarkan mengisi daya semalaman.
Hal ini mungkin yang paling umum dilakukan banyak orang. Biasanya ini dilakukan agar baterai tetap penuh saat akan dipakai paginya. Sebenarnya, melakukan pengisian daya semalaman malah akan membuat baterai mocor dan rusak.

5. Menggunakan pengisi daya tidak resmi / non original.
Mungkin pengisi daya resmi atau original harganya mahal, dan terkadang anda membeli yang tidak resmi untuk mengisi daya baterai ponsel anda. Pengisi daya yang tidak resmi akan membuat ponsel anda rusak walaupun memiliki ukuran port yang sama, voltase yang dibutuhkan setiap ponsel berbeda-beda, yang paling parah bisa membuat baterai menjadi terbakar.

6. Tidak dibersihkan.
Ponsel merupakan salah satu tempat yang disukai oleh kuman. Sebuah penelitian menemukan jika ponsel jauh lebih kotor daripada tempat cuci piring ataupun dudukan toilet.  Bersihkan ponsel dengan rutin menggunakan kain yang lembut, jika perlu gunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan mensterilkan ponsel anda.