FaktaTekno – Semakin berkembangya teknologi dan perangkat-perangkat baru dengan sistem operasi yang digunakan membuat seseorang semakin lebih jeli untuk memilih produk yang diinginkannya. Mereka cenderung memilih perangkat yang memiliki spesifikasi bagus dengan fitur-fitur yang mumpuni dan juga sistem operasi yang mumpuni.

Dari semua pengapalan smartphone pada kuartal IV/2013 sistem operasi Android dan iOS memberikan 95,7 persen dan sepanjang tahun lalu dua sistem operasi ini mendapatkan 93,8 persen pengguna. Dengan adanya pencapaian ini membuat dua sistem operasi tersebut tumbuh 4,5 persen dari kuartal IV/2012 dan mendapatkan 6,1 persen pada 2012 lalu.

Dilansir dari the next web pada sabtu (15/2/2014) menyebutkan bahwa data ini adalah data paling baru yang telah disampaikan oleh perushaan riset Internasional Data Corporation (IDC). Dan, total pengapalan smartphone di tahun lalu adalah mencapai hingga 1 miliar unit.

Pemimpin pasar smartphone sepanjang tahun lalu adalah sistem operasi Android dan di kuartal IV/2013 dengan masing-masing pangsa pasarnya adalah 78,6 persen dan juga 78,1 persen. Sementara itu vendor Samsung memimpin pasar android yang paling banyak digunakan dengan pangsa pasarnya sebesar 39,5 persen.

Pada masing-masing pangsa pasar sistem operasi lainnya di kuartal ke IV/2013 adalah iOS yang mendapatkan17,6 persen dan disusul oleh Windows Phone sebesar 3 persen, Blackberry 0,6 persen dan sisanya 0,7 persen. Tahun lalu iOS mendapatkan 15,2 persen dan Windows Phone mendapatakn 3,3 persen disusul oleh blackberry sebanyak 1,9 persen dan sisanya 1 persen.

Data yang diperoleh dari IDC menyebutkan walaupun pertumbuhan pasar smartphone tetap kuat di tahun lalu, pertumbuhan dua digit hanya dapat bertahan sampai beberapa tahun mendatang dan tidak akan bertahan lama.

Saat ini pangsa pasar telah diduduki oleh ponsel android dan iOS yang memang banyak sekali diminati para pengguna, dengan fitur dan beberapa aplikasi yang sangat inovatif. Selain itu ponsel android pun dijual dengan harga yang relatif murah, jadi dapat masuk ke kelas menengah kebawah ataupun kelas menengah ke atas.