3 Hal Yang Menyebabkan Baterai Ponsel Dapat Meledak dan Melembung

Mungkin banyaknya kejadian ponsel smartphone meledak ataupun terbakar adalah kejadian yang biasa terjadi. Pada tahun lalu ada beberapa unit perangkat mobile samsung dan apple yang kabarnya meledak ataupun terbakar karena berbagai macam masalah, beberapa diantaranya malah menimbulkan korban dan membuat korbannya merugi.

Sebagian besar kasus smartphone yang meledak dikarenakan oleh baterai ponsel yang menyimpan resiko cukup berbahaya. Jika tidak digunakan dengan benar maka baterai akan melembung dan bisa saja akan meledak. (baca : cara agar baterai hp awet)

Bagaimana baterai smartphone bisa melembung?
Ada banyak faktopr yang menyebabkan baterai menjadi kembung, kebanyakan adalah karena kesalahan penggunaan, tapi selain itu ada faktor lainnya, yakni :

1. Faktor kesalahan dari pengguna

pengguna menggunakan ponsel secara berlebihan seperti menelpon sangat lama, bermain game, memutar musik terlalu lama dan lainnya. Hal ini dapat menyebabkansuhu baterai meningkat karena harus bekerja ekstra. Inilah yang menjadi salah satu penyebab utama baterai melembung.
Menggunakan charger yang tidak sesuai. Menggunakan charger lain (bukan asli bawaan paket penjualan) dalam jangka panjang akan membuat baterai menjadi tidak tahan lama dan cepat rusak.

Jadwal pengisian daya baterai yang tidak beraturan, ini akan menimbulkan efek buruk pada umur baterai anda dan akan membuatnya menjadi lebih cepat melembung dan rusak.

2. Faktor usia baterai

Usia sebuah baterai juga dapat mempengaruhi rusaknya baterai (kembung). Tetapi,ukuran usia baterai sendiri sangat berbeda, sesuai dengan jenis baterai yang digunakan. Pada umumnya, jenis baterai yang digunakan di ponsel adalah jenis li-ion dan juga li-po, cara perawatan dua jenis baterai ini tidak sama.

3. Faktor kualitas dari baterai

Ketika anda ingin mengganti baterai yang anda gunakan di ponsel, sebaiknya anda gunakan baterai orisinil karena akan lebih terjamin kualitasnya. Kualitas dari sebuah baterai adalah salah satu hal yang bisa mempengaruhi kinerja dna umur baterai. Untuk menjaga keamanan anda, pilihlah yang orisinil.

Demikian 3 hal yang bisa menyebabkan baterai smartphone anda melembung dan meledak, semoga bermanfaat. Baca juga : Tips Menggunakan Baterai Tablet, Notebook Dan Smartphone Yang Baik agar baterai awet.